Menciptakan Brand Identity melalui Stiker: Studi Kasus Bisnis Bandung

Share this post on:

Sebuah bisnis di Bandung ingin membangun brand identity melalui stiker. Berikut adalah studi kasus mengenai bagaimana bisnis tersebut dapat menciptakan identitas merek melalui stiker:

Bisnis: “CraftyArtWear” – Brand Pakaian Kreatif Berbasis Bandung

Latar Belakang:

CraftyArtWear merupakan merek pakaian kreatif yang fokus pada desain lokal dan keunikan dari Bandung. Merek ini ingin memperluas identitas mereknya melalui stiker.

Strategi Branding Melalui Stiker:

  1. Desain yang Representatif: Mereka menggunakan stiker untuk menampilkan desain-desain unik yang mewakili seni dan kekreatifan Bandung. Ini meliputi elemen-elemen seni khas kota, mulai dari seni jalanan hingga ikon-ikon khas budaya Bandung.
  2. Logo dan Identitas Visual: Stiker digunakan sebagai media untuk menampilkan logo dan identitas visual CraftyArtWear. Desain-desain stiker disesuaikan dengan motif pakaian mereka dan menjadi bagian dari cerita merek.
  3. Pesan Merek: Setiap stiker menyampaikan pesan positif tentang kreativitas, ekspresi diri, dan kebanggaan lokal. Pesan-pesan ini merangkul filosofi merek dan nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh CraftyArtWear.
  4. Penggunaan Stiker dalam Produk: Stiker digunakan pada produk pakaian mereka, seperti pada label, kemasan, atau bahkan sebagai bonus tambahan di setiap pembelian. Hal ini menciptakan pengalaman tambahan bagi pelanggan.
  5. Kemitraan dengan Seniman Lokal: CraftyArtWear berkolaborasi dengan seniman lokal untuk menciptakan desain-desain stiker yang unik. Hal ini tidak hanya memberikan peluang bagi seniman lokal untuk terlibat, tetapi juga menciptakan koneksi yang lebih dalam dengan komunitas seni Bandung.
  6. Inovasi dengan Teknologi: Beberapa stiker dirancang dengan teknologi augmented reality (AR) yang memungkinkan konsumen untuk mengakses konten tambahan saat memindai stiker menggunakan perangkat mobile.

Hasil dan Dampak:

Dengan menggunakan stiker sebagai bagian dari strategi branding mereka, CraftyArtWear berhasil:

  • Menguatkan citra merek mereka dengan desain-desain khas Bandung.
  • Menciptakan koneksi yang lebih dalam dengan komunitas seni lokal.
  • Menambahkan dimensi baru pada produk mereka dengan penggunaan stiker yang inovatif.
  • Mendorong kesadaran merek melalui penggunaan stiker di luar produk pakaian mereka.

Dengan pendekatan yang kreatif, stiker berhasil menjadi salah satu alat penting dalam membangun dan memperkuat identitas merek CraftyArtWear, serta menarik minat pelanggan yang lebih luas kepada produk mereka.

Share this post on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *